Breaking News
Loading...
Senin, 24 November 2014

Info Post


Tahu kah anda bahwa pada hari ini tanggal 25/11/2014 bangsa indonesia memperingati hari Guru seindonesia. Biasanya di beberapa negara lain di luar indonesia seperti di amerika, eropa, australia, hari guru dijadikan hari libur nasional. Jika hari ini adalah hari Guru di seluruh indonesia, lalu di luar negeri pada waktu kapan mereka memperingati hari guru. Berikut ini adalah hari Guru di beberapa negara.

Amerika Serikat, memperingati hari guru pada bulan Mei tepat di minggu pertama, pada minggu ini masyarakat Amerika mengapresiasi para Guru seminggu penuh.

Argentina, memperingati hari Guru setiap tanggal 11 September, hari ini bertepatan dengan wafatnya Domingo Faustino Sarmento, adalah seorang yang di kenal oleh masyrakat Argentina sebagai pendidik dan juga seorang politisi yang telah mengangkat dunia pendidikan.


Brazil, Hari Guru diperingati pada setiap tanggal 15 Oktober dan ini sudah berlangsung sejak tahun 1947, di mana dimulai di sekolah kecil San Paulo oleh sejumlah gugu-guru pada saat itu. Lalu hari Guru akhirnya disepakati dan di sahkan sejak tahun 1963 untuk diperingati setiap tanggal tersebut.

Chili, Hari guru dirayakan setiap tanggal 16 Oktober , sebelum itu hari guru di negara Chili diperingati pada tanggal 10 Desember bertepatan dengan penerimaan nobel oleh seorang penyair di Chili, Gabriela Mistral pada tanggal 10 Desember 1945, Namun semenjak tahun 1977, hari guru berubah dirayakan setiap tanggal 16 Oktober sehubungan dengan  berdirinya Colegio De Profesores De Chile sebuah institut  Guru di Chili.


Meksiko, Hari Guru diperingati setiap 15 Mei dan sudah dirayakan sejak tahun 1918.

Peru, hari Guru diperingati setiap tanggal 6 Juli dan sudah dirayakan sejak tahun 1953. Peringatan hari Guru di Peru dimulai ketika perjuangan seorang pejuang kemerdekaan, Jose De San Martin yang dengan kebenariannya mendirikan sekolah umum khusus laki-laki dan disahkan oleh Jose Bernardo De Tagle pada tahun 1988.

Nah, itulah beberapa hari guru dari berbagai negara di belahan dunia, di indonesia sendiri peringatan hari Guru semua dalam satu naungan ikatan keguruan atau yang kita kenal dengan PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA(PGRI). Guru adalah pengajar dan pendidik sejak kita menginjak bangku sekolah hingga menciptakan berbagai macam profesi sudah sepantasnya kita menghargai jasa-jasa para guru dengan memperingati hari Guru yang  jatuh ada hari ini. Dan kami mengucapkan selamat hari Guru. Sukses untuk Guru-guru di indonesia semoga kesejahteraannya semakin terjamin.

0 komentar:

Posting Komentar